Badan usaha milik Pemerintah China investasi Senilai Rp.120 triliun di Kawasan Ekonomi Khusus Palu - Munawir.Net - Catatan Opini dan Sharing Berbagai News, Tips dan Trik.
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Badan usaha milik Pemerintah China investasi Senilai Rp.120 triliun di Kawasan Ekonomi Khusus Palu


Wali kota Palu, Drs. Hidayat, M.Si menghadiri pertemuan bersama Chairman China First Heavy Industries (CFHI), Liu Mingzhong dan rombongan di Ruang Rapat Polibu kantor Gubernur Sulawesi Tengah pada Selasa, 17 Desember 2019.

Hadir langsung dalam kesempatan tersebut Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, Direktur Utama PT Bangun Palu Sulawesi Tengah, Andi Mulhanan Tombolotutu, serta pejabat terkait lainnya.

Liu Mingzhong mengatakan CFHI adalah salah satu badan usaha milik negara yang dimiliki oleh Pemerintah China dan sudah menguasai 70% Pasar Manufaktur dalam negeri untuk industri baja dan presseur vessel untuk industri kimia dan nuklir.

"September 2018 lalu, Presiden China, Tzi Jin Pink mengunjungi CFHI dan menyatakan industri CFHI merupakan industri manufaktur terbesar di China," katanya.

CFHI memiliki kapasitas 3.000 ton jauh lebih besar dibandingkan industri presseur vesel yang dimiliki oleh Jepang sebesar 1.500 ton dan India 1.200 ton. Hal ini menjadi supplier utama untuk industri otomotif, pertahanan, pengelolaan air, serta pembangkit listrik tenaga nuklir.

Sebagaimana diketahui, CFHI berencana ingin menanam saham investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu dengan total investasi sebesar USD40 miliar atau setara Rp. 120 triliun.


Chairman CFHI mengaku senang setelah mengunjungi lokasi KEK Palu serta penjelasan-penjelasan dari Pengelola KEK Palu. Ia juga tertarik dengan aspek-aspek lingkungan dan akan menindaklanjuti rencana investasi di KEK Palu.

Merespon hal ini, Wali kota Palu meminta kepada calon investor maupun pengelola KEK Paly untuk bisa mewujudkan sejumlah kesepakatan yang sudah dibangun. "Kita berharap rencana-rencana investasi itu  segera bisa terealisasi," katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Lol antara Direktur Utama CFHI Mr. Zhu Qingshan dengan Wali kota Palu dan disaksikan oleh Gubernur Sulawesi Tengah serta Chairman CFHI.


Sumber : Humas dan Protokol Setda kota Palu
Munawir M. Kaili
Munawir M. Kaili A Father | Who dedicated his life to his Religion, family and Nation.

Posting Komentar untuk "Badan usaha milik Pemerintah China investasi Senilai Rp.120 triliun di Kawasan Ekonomi Khusus Palu"