Sejarah Singkat Asal-Usul Nama Desa Bangkagi - Munawir.Net - Catatan Opini dan Sharing Berbagai News, Tips dan Trik.

Sejarah Singkat Asal-Usul Nama Desa Bangkagi


Peta Google Map Peta Wilayah Desa Bangkagi


Berawal dari Kisah Orang Pertama Yang Berkebun kurang lebih sekitar Tahun 1863 yang bernama Ladenga, ia mempunyai saudara namanya Mpiri. Kebunnya itu disekitar daratan diseputar masjid bangkagi sampai Tonandang. Itu semua tempat berawal. 

Dahulu jalan untuk lewat disitu berlumpur atau orang togean kenal dengan istilah bapece, jadi dahulu mereka menggunakan Pelepah sagu untuk lewat dijalan berlumpur. Nah saat saudaranya Ladenga atau bernama Mpiri memikul sagu dan lewat di jalan yang berlapis pelapah sagu tersebut tiba-tiba ia tergelincir dan jatuh sehingga basah kuyub.

Berawal Terjatuhnya itu dahulu bersamaan penjajahan belanda, sehingga membuat orang belanda sampai ke kedaratan itu (Bangkagi Sekarang) dan mereka bertanya ke pada pemilik kebun “ Nama Kampung Apa Ini ?” Karena Ladenga dan Mpiri ini tidak tau Bahasa Melayu. 

Spontan dan Menyebut Mangkagi Yang artinya Basa Kuyup. Dan Orang Belanda Yang tidak diketahui namanya tersebut menulis Bangkagi. Jadi Asal Kata Nama Bangkagi yaitu Mangkagi Yang Berarti basah kuyup.







Baca Juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel





Iklan Tengah Artikel 1





Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel