Ilmu Sebagai Landasan Pokok Cara Kita Beragama Islam - Munawir.Net - Catatan Opini dan Sharing Berbagai News, Tips dan Trik.
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ilmu Sebagai Landasan Pokok Cara Kita Beragama Islam


Saudara dan saudariku! Pahamilah bahwa :

Makna perintah "Iqra" dalam QS. Al-'Alaq [96] : 01, bersamaan dengan hikmah kedudukan ayat tersebut sebagai wahyu pembuka dari rangkaian panjang wahyu Alqur'an  sungguh merupakan burhan (bukti nyata) bahwa ilmu merupakan landasan pokok kita dalam berislam

Muhammad al- Amin al-Syinqithiy dalam Tafsirnya menyatakan : "Perintah Iqra ini memperjelas kemukjizatan Alqur'an, di mana seseorang yg kemarin berstatus ummiy (buta aksara), tetiba pada hari ini menjadi sosok yg mengajarkan ilmu (risalah Islam)".


[Tafsir Adhwaul Bayan: 9/13]

Demikian juga kedudukan ilmu di atas, diperkuat dengan perintah dalam QS. Muhammad [47] : 19. "Maka pahamilah (dgn ilmu)  bahwa sesungguhnya tiada sesembahan selain Alloh, dan (lalu) mohonlah ampunan atas dosamu".

Muhammad Thahir Ibn 'Asyur berkata: "Dan di antara keindahan hikmah Qur'aniyah (pada ayat di atas) adalah perintah berilmu sebelum perintah beramal (memohon ampunan). Ibnu 'Uyainah ketika ditanyai tentang keutamaan ilmu, beliau berkata: tidakkah kamu mendengar tatkala Alloh mengawali ayat ini dengan perintah berilmu (fa'lam) baru kemudian perintah memohon ampunan (ucapan dan amal). Dan demikian pula Imam al-Bukhari dalam kitab Shohihnya mengkhususkan bab "al-Ilmu qablal qaul wal 'amal" (Adanya ilmu sebelum ucapan dan amal), karena didasari ayat tersebut".

 

[Tafsir al-Tahriir wa al-Tanwiir: 26/105]

Berkata Al-Hafizh al-'Ainiy: Maksud Imam al-Bukhari melalui bab tsb. Adalah seseorang seyogyanya mengilmui lebih dahulu, kemudian baru mengucapkan dan mengamalkan. ilmu itu lebih diutamakan dari ucapan dan amal. Ibnu Munayyir berkata, ilmu adalah syarat sahnya ucapan dan amal, sebab ilmu yg membenarkan niat, dan niat yg membenarkan amal".

 

['Umdatul Qari Syarh Shohih al-Bukhari: 2/39]

Setiap warga Muhammadiyah melaksanakan ibadah mahdhah dengan sebaik-baiknya dan menghidup suburkan amal nawafil sesuai tuntunan Rasulullah, serta menghiasi diri dengan iman yang kokoh, ilmu yg luas, dan amal shalih yg tulus...".

 

[Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah: 62]

Oleh. Ust.Muhammad Syaltut S.Abdullah.

KAJIANMU 28 Syawal 1441 H/20 Juni 2020 M.

Munawir M. Kaili
Munawir M. Kaili A Father | Who dedicated his life to his Religion, family and Nation.

Posting Komentar untuk "Ilmu Sebagai Landasan Pokok Cara Kita Beragama Islam"